Tips dan Trik Memasang Antena TV UHF Part 1

Sebelum Anda membeli Antena UHF untuk keperluan penangkapan sinyal baik untuk TV Analog maupun TV Digital untuk perangkat Tuner Anda seperti Televisi, Set Top Box, TV Tuner, dll, ada baiknya Anda pelajari dahulu apa saja yang akan Anda pasang, untuk bisa mendapatkan hasil siaran tv yang baik, bagus, dan memuaskan dengan membaca tulisan saya berikut ini.

Berhubung banyak sekali yang menanyakan tentang Antena UHF (Ultra High Frequency) untuk menyaksikan siaran TV Terrestrial baik Analog dan Digital, yang karena siaran Satelit untuk Piala Dunia dan Siaran Pertandingan Sepak Bola yang lain tidak bisa diharapkan lagi oleh Para Masyarakat Pecinta Siaran Bola.

Kenapa siaran Bola di Satelit diacak ? Jawaban yang paling mudah adalah karena Hak Siar. Pihak Penyelenggara hanya menjual Hak Siar kepada Pembeli secara Terrestrial atau Teritorial yang artinya Pembeli tidak boleh menyiarkannya melebihi batas teritorial Negaranya.

Jadi misalnya Perusahaan A di Indonesia membeli hak siar lalu disiarkan melalui Satelit Palapa atau Telkom, maka dengan mudahnya orang Australia, Malaysia, dll menyaksikan siaran itu melalui Antena Parabola, tidak perlu dong Malaysia beli hak siar, akhirnya penyelenggaranya yang rugi. Sampai-sampai Indonesia saking mematuhi kontrak hak siar itu, dikembangkanlah tehnologi acakan itu menjadi lebih canggih agar benar-benar tidak melebar sampai negara lain.

Disini saya mengajak kepada Masyarakat Indonesia yang setiap harinya menikmati siaran TV dari Satelit untuk memaklumi keadaan tersebut, memang seolah-olah kita masyarakat yang dikorbankan tetapi Perusahaan juga tidak mau terkena sanksi atas pelanggaran hak siar itu.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa siaran Analog maupun Digital Terrestrial didistribusikan melalui frekuensi UHF dan memang sudah menjadi ketetapan Pemerintah juga. Artinya pasti Pemerintah juga telah mempertimbangkan kenapa dipilih saluran UHF bukan VHF (Very High Frequency) yang sebenarnya kalau menurut saya VHF lebih baik untuk jangkauan siaran. Untuk wilayah Yogyakarta, Pemancar Relay Siaran Televisi berada di Bukit Ngoro-oro Patuk Gunung Kidul. Untuk Peta lokasi bisa dilihat DISINI.

Saya mencoba memberi sedikit gambaran di tengah keterbatasan ilmu saya mengenai hal tersebut. Untuk itu segala macam bentuk koreksi dan tambahan dari Pembaca sehubungan dengan tulisan saya pada post ini sangat saya harapkan.

DIFRAKSI GELOMBANG

Difraksi adalah peristiwa berbeloknya gelombang yang dibentuk oleh celah sempit atau penghalang baik penghalang itu bersifat menyerap atau memantulkan. Kebanyakan penonton televisi adalah penonton yang memanfaatkan difraksi.

uhf tv los antenna
 "Tetapi, penerimaan yang paling sempurna adalah jika antena penerima berada pada garis pandang dengan antena pemancar, atau lebih dikenal dengan istilah LOS (Line Of Sight)"

frequency diffraction
diffraction pattern examples

Gambar diatas menunjukkan difraksi gelombang VHF (atas) dan gelombang UHF (bawah). Antena yang terpasang di sebelah kanan gedung harus menunjuk ke arah atas gedung karena disitulah sinyal berasal. Biasanya pada frekuensi rendah, gelombang akan terdifraksi dengan baik, untuk gelombang VHF sangat jelek terdifraksi tetapi untuk UHF 10 kali lebih buruk dari VHF.
"Disini bisa disimpulkan bahwa sinyal UHF itu tidak bisa terdifraksi dengan baik oleh gedung apalagi menembusnya. Pasanglah antena TV Anda melebihi ketinggian atau mengarahkannya ke bagian atas Gedung"

PANTULAN / REFLEKSI TANAH

Kadang-kadang gelombang sinyal terdifraksi dari halangan sebelumnya membelok ke bawah menuju tanah. Apabila tanahnya datar, pantulan ini akan sangat bermanfaat.

refleksi tanah sinyal tv
VHF Instantaneous Voltage Diagram

refleksi sinyal tv
VHF Average Power Diagram

sinyal tv uhf
Average power diagram for UHF

effective aperture tv antenna
Average power diagram for UHF

gambaran sinyal tv pantulan
Average power diagram for UHF

Kedua gelombang saling melewati tanpa mempengaruhi satu sama lain. Tapi antena merespon jumlah sesaat dari dua gelombang yang tumpang tindih itu, dimana jika dua gelombang saling mengurangi, maka akan ada tempat di mana penerimaan menjadi sangat lemah. Hasilnya adalah wilayah bergaris meliputi lapisan sinyal kuat dan sinyal lemah sejajar dengan tanah dengan tinggi sekitar 50cm tiap lapisannya. Jadi ada kasus di mana apabila kita menurunkan ketinggian antena maka sebenarnya kita memasukkan antena  kedalam wilayah dengan sinyal yang lebih kuat.

Saya sendiri pernah mengalaminya ketika membantu memasang antena UHF di dekat pegunungan, sinyal kuat pada titik angka 3 meter, tidak mau lebih dan tidak mau kurang. Sayangnya wilayah yang kuat untuk sebuah channel bisa jadi adalah wilayah yang lemah untuk channel yang lain, sehingga penggabungan 2 antena atau lebih, bisa saja diperlukan. Untuk penggabungan 2 antena atau lebih, Anda diharuskan memasang Antena Mixer. Pemasangan Antenna Mixer ini disarankan menggunakan kabel dengan panjang 50cm atau sekitar 1 kali panjang gelombang 600MHz ( 1 Lambda).

uhf mixer antenna tv
Antenna Mixer
Dari sini bisa disimpulkan, bahwa pada daerah tertentu yang sinyalnya menggantungkan pemantulan tanah, pemasangan antena terlalu tinggi hasilnya tidak akan memuaskan, malah dengan ketinggian beberapa meter saja siaran sudah bisa didapatkan"

tinggi rendah tiang antena
ã King Features Syndicate.  Reproduced here with permission

POHON DAN GELOMBANG UHF

Dalam simulasi berikut, pohon diasumsikan sebagai bola sempurna yang memblokir 90% dari sinyal.

sinyal tv jelek
sinyal tv pohon

Jika antena berada di belakang pohon, maka antena berada dalam bidang tumpang tindih, bidang lemah yang melewati pohon ditambah bidang lemah yang difraksi di sekitar pohon. Bidang tumpang tindih itu rumit, dengan titik-titik yang kuat dan titik-titik lemah. Hal ini akan berlaku bahkan jika pohon tidak berbentuk bola yang sempurna. Jika Anda memasang antena UHF di balik pohon, Anda mungkin akan melihat sinyal terputus atau gambar yang semakin bersemut ketika angin bertiup karena titik-titik kuat dan lemah akan bergerak sebagai perubahan bentuk pohon. Bahkan di lingkungan dengan sinyal yang mudah diterima-pun  tidak disarankan untuk menempatkan antena UHF di balik pohon. Semakin jauh pohon, semakin sedikit dari masalah itu. Untuk pohon yang jauh, anggap saja tidak ada sinyal menembus pohon, maka sebenarnya penerimaan adalah dengan difraksi di sekitar pohon itu.
"Dari sini bisa disimpulkan bahwa pemasangan antena lebih baik jika lebih tinggi dari pohon di depan antena"

SALURAN LISTRIK

tv jelek karena saluran tegangan tinggi

Saluran listrik bersifat mencerminkan sinyal. Tapi itu hanya salah satu alasan saja mengapa antena harus jauh dari jaringan listrik. Jika ada noise RF di saluran listrik, maka RF akan mengirimkan sinyal suara ke antena terdekat. Disamping itu telah banyak orang yang tewas ketika antena mereka roboh atau tersenggol ke saluran listrik. Bahkan Channelmaster merekomendasikan bahwa antena harus dijauhkan dari jaringan listrik dengan jarak dua kali panjang tiang ditambah dua kali panjang antena.

"Halaman Tips dan Trik Memasang Antena UHF akan selalu saya Update,
Silahkan kunjungi secara berkala"


pasang antena tv yang benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel